0
Salam Lestari, kali ini saya ingin mengulas tentang Style, Safety dan Mendaki Gunung. Bagi para mountainers style dan safety itu sangat penting , apa lagi di kalangan mountainers yang mampu membeli Gear (Peralatan gunung) yang harganya selangit mungkin akan royal dalam memilih gear yang akan di gunakannya karena setiap mountainer berbeda-beda selera dalam memilih gear yang digunakannya. contohnya dalam memilih gear yang akan di bawa saat pendakian seperti Topi,Slayer, Baju, Jaket, Celana, Sleeping bag, Carrier bag, Sepatu, Alat Masak-Makan-Mandi, dan Survival Kits (Obat-obatan).
Walaupun seorang pendaki yang senior pun jika mendaki gunung akan selalu mengutamakan keselamatan, kita tak tahu apa yang akan terjadi jika kita melakukan pendakian, karena alam tak bisa di prediksi. Memang terkadang sebagian mountainer beranggapan mendaki gunung adalah Style, walaupun sebagian mountainer beranggapan seperti demekian tetapi mereka tidak melupakan keselamatan (safety)  dalam mendaki.

Selain Itu Outdoor activity atau kegiatan alam bebas merupakan kegiatan yang penuh resiko dan memerlukan perhitungan yang cermat. Jika salah-salah maka bukan mustahil musibah akan mengancam setiap saat. Sebagai contoh, sebuah referensi pernah mencatat bahwa salah satu kegiatan alam bebas yaitu rock climbing [panjat tebing] merupakan jenis olahraga yang resiko kematiannya merupakan peringkat ke-2 setelah olahraga balap mobil formula-1.


Tentu saja resiko tersebut terjadi apabila safety-procedure tidak menjadi perhatian yang serius, tetapi apabila safety-procedure diperhatikan dan sering berlatih, maka resiko tersebut dapat ditekan sampai titik paling aman.

Perjalanan alam bebas pasti akan bersentuhan dengan cuaca, situasi medan dan waktu yang kadang tidak bersahabat, baik malam atau siang hari, oleh karena itu perlu dipersiapkan perlengkapan yang memadai.

Salah satu “perisai diri” ketika melakukan aktivitas alam bebas adalah perlengkapan diri pribadi. Berikut digambarkan beberapa perlengkapan pribadi standard.

Salam Tempala (teman pecinta alam) .
Posted by: Admin
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

Posting Komentar

 
Top